23 April 2007

Menentukan Arah Qiblat dengan Google Earth

Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih, termasuk kecanggihan komunikasi. Dengan semakin berkembangnya komputer dan internet, sekarang ini dunia seakan-akan sudah menjadi satu, sudah menjadi small village.

Salah satu kecanggihan yang dapat kita manfaatkan adalah google earth. Google earth adalah software berisikan peta dunia mirip seperti globe. Bedanya, google earth dapat memberikan gambaran lebih detail bahkan sampai rumah dan mobil yang melintas di jalan pun dapat terlihat.

Dan, satu keuntungan bagi kita selaku muslim, google earth dapat digunakan untuk menentukan arah kibat bagi masjid kita atau rumah kita. caranya?

  1. instal dulu google earth. File-nya dapat didownload di sini.
  2. setelah diinstal, buka google earth dengan klik ganda file exe-nya
  3. tunggu sebentar hingga google earth selesai melakukan cek dan sambungan ke server (ingat...komputer anda harus terhubung ke internet)
  4. ketika bola dunia sudah mulai terlihat, cari lokasi Ka'bah. Di mana Ka'bah berada? Ya...di Makkah, Saudi Arabia di jazirah arab, Benua Asia.
  5. Kalau Ka'bah sudah anda temukan, segera buat placemark dengan mengklik add placemark di toolbar. Beri nama Ka'bah.
  6. Sekarang anda cari lokasi masjid atau rumah anda yang akan anda cek arah kiblatnya. Saya ambil contoh Masjid Istiqlal
  7. Buat lagi placemark dengan klik add placemark dan beri nama misalnya Masjid Istiqlal
  8. Pada bagian toolbar, klik menu ruler. kemudian di place holder (di bagian kiri)klik Ka'bah. Maka otomatis bola dunia akan menuju ke Ka'bah. klik pada bagian tengah Ka'bah
  9. Kemudian klik lagi di placemark Masjid istiqlal. Segera bola dunia akan menuju ke Masjid istiqlal. Akan terlihat garis kuning mengikuti arah bola dunia. Dan akhirnya...sampailah ke lokasi Masjid Istiqlal. Klik di tengah Masjid Istiqlal, dan akan terdapat garis berwarna kuning yang menghubungkan masjid istiqlal dengan ka'bah.
  10. Selesai sudah...akan terlihat bahwa posisi atau arah kiblat Masjid Istiqlal sudah 'cukup' pas menghadap ke qiblat.

No comments: